Hindari Diklaim Negara Lain, Wali Kota Surabaya Patenkan Rujak Uleg

Berbagai macam variasi kuliner dapat menjadi ciri khas suatu daerah. Karena motivasi itulah Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, bertekad untuk mematenkan beberapa kuliner khas Surabaya. Upaya ini juga untuk menghindari ciri khas daerah tersebut diklaim negara lain.

Hindari Diklaim Negara Lain, Wali Kota Surabaya Patenkan Rujak Uleg


Wali Kota yang akrab disapa Bu Risma ini mengaku sekarang sedang memproses hak paten tersebut. Pihaknya berharap proses ini tidak berlangsung terlalu lama. "Ini penting. Paling tidak saat Asean Free Trade Area (AFTA) 2015 nanti, semua dunia sudah tahu, bahwa rujak uleg adalah identitas Kota Surabaya," kata Risma saat Festival Rujak Uleg, Minggu (18/5).

Selain rujak uleg, terdapat beberapa kuliner khas Jawa Timur yang akan dipatenkan. Diantaranya adalah lontong balap, semanggi, rawon, tahu campur, soto ayam, dan soto daging. Risma menyatakan untuk memproses hak paten ini tidaklah mudah. "Proses pengajuan cukup lama karena kami harus mengumpulkan historinya, dan detail komponennya," kata Risma.

Risma juga menambahkan bahwa proses itu belum termasuk uji selama dua tahun. Bila dalam waktu 2 tahun tidak ada komplain dari pihak lain setelah diajukan, maka produk sudah dapat dipatenkan.

Ternyata tidak hanya produk kuliner saja, Risma juga mematenkan 6 jenis kesenian asli Surabaya. Salah satu diantaranya adalah Tari Remo. Pada masa saat ini, Tari Remo banyak digunakan sebagai tarian penyambut tamu dan pembukaan suatu acara. (wk/de)

~~~~~Semoga Bermanfaat~~~~

0 Response to "Hindari Diklaim Negara Lain, Wali Kota Surabaya Patenkan Rujak Uleg"

Post a Comment

Loe Bisa Tinggalkan Komentar Disiniiiiii....^_^
TERIMAKASIH BUAT KOMENTAR-nya....Keep Bloging...

#Techno Blogger#
NB!! Jika ada Link Download yang broken silahkan komentar di bawah :