Cara Copy File Menggunakan CMD ( Command Prompt ) - Tutorial

Cara Copy File Menggunakan CMD ( Command Prompt ) - Windows Command Prompt atau biasa disebut DOS Prompt adalah jendela unuk  menjalankan perintah-perintah atau mengeksekusi file dengan cara menuliskan perintahnya diikuti dengan menekan tombol Enter yg merupakan standar operasi dari MS-DOS sebelum era Windows. Apabila kita masuk ke DOS Prompt berarti kita sedang menjalankan file CMD.EXE .
Sedangkan Menurut Wikipedia Command Prompt (nama executable cmd.exe) adalah Microsoft-dipasok baris perintah penerjemah pada OS / 2, Windows CE dan pada sistem operasi berbasis Windows NT (termasuk Windows 2000, XP, Vista, 7, 8, Server 2003, Server 2008, Server 2008 R2 dan Server 2012). Ini adalah analog dari COMMAND.COM dalam MS-​​DOS dan Windows 9x sistem (di mana itu disebut "MS-DOS Prompt"), atau dari kerang Unix digunakan pada sistem Unix-like.

Atau parahnya lagi bisa jadi flashdisk tersebut terkontaminasi oleh virus. Nah bagi orang-orang yang pada umunya maish awam dalam menggunakan perintah Command Prompt pasti akan sedikit kesulitan dalam mengoprasikannya untuk melaksanakan seuatu perintah. Namun disanalah hebatnya Command Prompt, kita bisa mengakses seluruh yang ada di Windows Exploler, bahkan pemindahan data tanpa membuka file tersebut.

Pasalnya yang paling sering saya gunakan adalah menggunkan fasilitas CMD untuk mengcopy data dari flashdisk punya teman. Dengan hal tersebut maka akan kecil kemungkinan laptop / komputer tak akan terjangkit virus yang tidak di inginkan. Dan Asyiknya lagi perintah dari CMD anda dapat mengcopy 1 folder penuh seperti yang biasa anda lakukan jika harus melakukan copy paste lewat Windows Exploler.

Syntax untuk mengcopy file dari cmd adalah : copy (object path) (target path)

Langsung ke prakteknya saja. Langkah pertaman buka Command Prompt : START > RUN > CMD


  1. Dada awal anda akan melihat C:\Users\Me71> itu tandanya ada sedang berada di drive C "folder" Users "folder" Me71. Segera pindah ke drive dimana terdapat file yang ingin anda copy. Misalkan file yang saya copy terdapat di Drive G. Maka yang harus diketik adalah g: (besar kecil font tidak dipermasalahkan) dan otomatis anda akan pindah ke Drive G dengan ditandai tulisan G:\>
  2. Apabila anda lupa nama file yang ingin anda copy maka tuliskan "dir" untuk melihat isi file-file yang terdapat dalam drive tersebut.
  3. Waktunya mengcopy data. Tulis syntax untuk mencopy file/folder yang anda inginkan sesuai dengan rumus copy (object path) (target path). Disini saya ingin mengcopy file "editing patch" yang terdapat pada Drive G tersebut ke Drive D: maka yang harus di tulis adalah copy "editing patch" d:\




4. Jika Anda akan masuk ke dalam suatu folder maka ketiklah “CD”, misalkan jika ingin masuk ke folder “TUGAS”, ketiklah “CD TUGAS”.
5. Jika Anda akan mengakses subfolder, sub-subfolder, sub-sub-sub…dst. Maka berikan tanda backslash (\) setelah nama folder yang pertama dst. Misalnya “CD game\online\favorite\ragnarok2”. Maka kita akan langsung berada di folder favorite tanpa langsung mengetik CD beberapa kali.
6. Jika anda ingin kembali ke luar folder ketiklah “CD..” (titiknya 2 kali) lalu tekan enter.
7. Apabila file yang anda copy berhasil maka akan ada tulisan File(s) copied.
8. Selesai deh. tinggal di lihat hasil copy-an nya di data d:\

Tambahan : Untuk penulisan nama folder terutama yang terdapat lebih dari 2 kata harap ditambahkan tanda ("..."). Contoh file dengan nama Techno Blogger maka hendaknya ditulis "Techno Blogger".
Demikian dari saya Mengenai Cara Copy File Menggunakan CMD ( Command Prompt )
~~~~~Semoga Bermanfaat~~~~

0 Response to "Cara Copy File Menggunakan CMD ( Command Prompt ) - Tutorial "

Post a Comment

Loe Bisa Tinggalkan Komentar Disiniiiiii....^_^
TERIMAKASIH BUAT KOMENTAR-nya....Keep Bloging...

#Techno Blogger#
NB!! Jika ada Link Download yang broken silahkan komentar di bawah :